Penerjemah

English French German Spain Italian Dutch
Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Bapak proklamator

Bapak proklamator
Ir. Soekarno

Sejarah Blog

Sabtu, 19 November 2011


ASSLAMM’UALAIKUM……


Sekarang kita berada di Dunia Internet  memang penuh dengan inovasi-inovasi baru di berbagai bidang. Antara lain yang merupakan sebuah bentuk website baru yang memungkinkan seorang penulis mencurahkan isi hati mereka kepada media online untuk memunculkan perasaan, keluh kesah dan beberapa pengalam hidup yang di jalani masing-masing makhluk hidup di muka bumi ini.

PENGERTIAN BLOG......

Apa itu Blog………?????????

Blog adalah singkatan dari web+log, istilah ini pertama kali di gunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1977. Jorn Borger menggunakan istilah weblog untuk menyebut sejenis website pribadi yang selalu di update secara terus-menerus  dan bersi sebuah informasi yang baru dan pesan atau tulisan yang saling berhubungan dengan website dan mereka dapat memberi komentar-komentar mereka sendiri ataupun orang orang lain. Seseorang yang menulis dan mengelola sebuah blog sering di sebut blogger. Blog selain berarti sebagai kata benda ( menunjukkan media website yang di pakai ) juga bisa berarti kata kerja kegiatan ngeblog ( dalam Bahasa Inggris di sebut to blog ).
            Sebagian besar blog terdiri atas berita atau artikel yang terus diperbaharui,dalam suatu blog dapat berisi bermacam-macam berita/artikel yang di kelompokkan dalam berbagai kategori atau hanya terdiri atas jenis pemikiran saja tergantung dari pemikiran ataupun kehendak pribadi blog. Blog tidak hanya memuat tulisan saja dari ide-ide atau pemikiran yang di kemas dalam berbentuk artikel, Blogger juga dapat memuat video,link dan file, musik sekalipun. Seorang blogger pasti ingin blognya di baca  serta di lihat oleh orang lain. Blogger juga bangga apabila orang lain dapat tertarik tidak hanya dengan isi blog tersebut namun juga tampilnanya. Cara yang biasanya di lakukan Blogger adalah desain tampilan blogger secara atraktif.

Umum Blog memiliki fitur sebagai berikut :
  1. Konten Utama yang berisi artikel ( post ) yang di publikasikan secara kronologis, yang paling baru biasanya di atas, seringnya artikel tersebut di kelompokkan ke dalam berbagai kategori berdasarkan subjek.
  2. Pengunjung bisa berkomentar tentang artikel yang di tulis.
  3. Arsip artikel-artikel sudah lama, bisa per minggu, per hari, maupun per tahun.
  4. Daftar link terhadap web terkait yang sering di sebutkan blogrool.
  5. Ada fasilitas feed seperti RSS, CMS, CSS, RDF, dan lain sebagainya. Fasilitas feed memungkinkan  isi blog di lihat tanpa harus membuka halaman web. Orang yang ingin melihat isi blog hanya tinggal menyiapkan software yang di sebut RSS reader.



 
SEJARAH BLOG……

              Blog pertama yang tercacatan dalam sejarah kemungkinan besar adalaha halam What’s New pada browser mosaic adalah browser mosaic yang di buat oleh Marc Andersen di tahun 1933. Mosaic adalah browser pertama sebelum adanya internet Explorer bahkan sebelum Netscape.
Kemudian pada januari 1944 Justin Hall memulai website pribadinya Justin’s home Page yang kemudian berubah menjadi Links From the Underground yang mungkin dapat disebut sebagai blog perama seperti yang kita kenal sekarang.
Hingga tahun 1988, jumlah blog yang ada di luar sana belumlah seberap. Ini karena saat itu di perlukan keahlian dan pengetahuan khusus tentang pembuatan website, HTML, da, web hosting untuk membuat blog. Sehingga hanya mereka yang berkecimbung di bidang internet, seperti System Administrator atau Web Designer yang punya waktu luang untuk menciptakan blog-blog merek sendiri.
Pada agustus 1999 sebuah perusahaan di Slicon Valley bernama Pyra Lab Meluncurkan layanan Blogger.com yang memungkinkan siapapun dengan pengetahuannya dasar HTML ( atau bahkan buta sama sekali tentang HTML )
Dapat menciptakan blog secara online dan gratis.
Walaupun sebelum itu ( Juli 1999 ) layanan perbuatan blog online dan gratis telah ada ( yaitu Pitas ), tapi jumlah blog tidak pernah bertambah sebanyak sepeti yang sukses di lakukan oleh Blogger.com.
Blogger.com sendiri saat ini telah memilki lebih dari 100.000 Blogger yang menggunakan layanan mereka dengan pertumbuhan jumlah sekitar 20% per bulan. Blogger.com dan pitas tentu tidak sendirian, layanan pembuat blog online diberikan pula oleh Grouksoup.Edit This Page dan juga Velocinews
Sejak saat itu blog kian hari betambah hingga makin sulit untuk mengikutinya. Eatinweb Portal adalah salah satu daftar Blog terlengkap yang kini ada di antara daftra blog lainnya. Ribuan blog kemudian bermunculan dan masing-masing memilih topic bahasanya sendiri, di mulai dari bagaimana menjadi orang tua yang baik, hobu menonton film, topik politik, kesehatan, seks, olahraga, buku komik, dan macam-macam.
Bahkan dib logger terdapat blog yang membahas tentang barang-barang aneh yang di jual di situs lelang Ebay yang bernama Who Would Buy That…????.  Cameron Barret menulis pada blognya Essay berjudul Anamoty Of A Weblog…??? Yang menerangkan tema dari blog. “ Blog sering kali sangat terfokus pada sebuah subjek unik yaitu sebuah topic dasar dan sebuah konsep yang menyatukan tema-tema dalam blog tersebut.
Singkatnya, topic sebuah blog adalah hak asasi para bloggernya tanpa ada editor atau boss yang ikut campur. Tema segila apa pun dapat di temukan di internet. Dari sedemikian ripa banyak blog tang ada sebuah situs bernama Technorotti yang bisa merangking blog-blog dari yang paling terkenal hingga tak kenal.
Di luar Negeri Bnyak blog yang terkenal Misalnya, “Obscure Store” http://obscurestore.com/ milki Jim Romenesko yang menyediakan link bertemakan berita  dan gossip serta hal-hal yang kecil yang sedikit mengarah pada underground movement, Lawrence lee juga setiap hari mengupdate Blog-nya Tomalak’s Realm dengan link-link pada berita tentang web design dan net business. Memepool dengan pilohan koleksi link-nya yang unik disertai analisis cerdas juga di gemari sebagai blog yang istimewa.
Kottke.org merupakan blog menarik milki Jason kottke seorang web Designer yang tinggal di San Francisco, di Blognya dia menulis bahwa Blognya adala caranya mengisi waktu luang untuk menyusun kembali tulisan-tulisan. Desain-desain dan critical skillnya. Tak lupa juga blog milki Dave Winer, Scripting News, salah satu blog pertama yang banyak memberikan link tentang pemroraman.


1 komentar:

waloetz mengatakan...

salam kenal..

Posting Komentar