Penerjemah

English French German Spain Italian Dutch
Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Bapak proklamator

Bapak proklamator
Ir. Soekarno

Jejak Muhammadiyah

Jumat, 25 November 2011

Asslammu'alaikum...
Salam Perjuangan kepada kawa-kawan seperjuangan.....
cukup lama tidak menulis sebuah postingan ini, setelah melalui masa sibuk yang tidak sempat menghadap dunia Blogger ini......karena ada persiapan di bulan februari 2012 nanti...
kali ini saya akau menulis tentang Muhammadiyah.....



Muhammadiyah didirikan di Kampung Kauman Yogyakarta, pada tanggal 8 Dzulhijjah 1330 H/ 18 Nopember 1912 oleh seorang yang bernama Muhammad Darwis, kemudian di kenal dengan KH A Dahlan.
Melihat kondisi umat Islam pada waktu itu dalam keadaan jumud, beku dan penuh dengan amalan - amalan yang bersifat mistik, beliau tergerak hatinya untuk mengajak mereka kembali kepada ajaran ISlam yang sebenarnya berdasrkan Qur'an dan Hadist.
Pada awalnya Beliau mengadakan pengajian yang juga memiliki basis dakwah untuk wanita dan kaum muda ( Sidratul Muntaha ). Kemudia Beliau mendirikan sekolah dasar dan sekolah lanjutan, yang dikenal sebagai Hooge School Muhammadiyah dan selanjutnya berganti nama menjadi Kweek School Muhammadiyah ( Sekarang di kenal dengan Madrasah Mu'allimin ( Khusus laki-laki ), yang bertempat di Patangpuluhan Kecamatan Wirobrajan dan mu'allimaat Muhammadiyah ( khusus Perempuan ), Di Suronatan Yogyakarta )

Untuk mengorganisir kegiatan beliau yang telah menyebar luas ke luar daerah maka didirikan persyarikantan Muhammadiyah. Fungsi dari Persyarikatan itu sendiri untuk terlaksananya ajaran-ajaran Islam yang meliputi bidang - bidang :
A. 'Aqidah : Muhammadiyah bekerja untuk tegaknya aqidah Islam yang murni, bersih dari gejala - gejala kemusyrikan, bid'ah dan khufarat, tanpa mengabaikan prinsip toleransi menurut ajaran Islam.
B. Akhlak : Muhammadiyah bekerja untuk tegaknya nilai -nilai akhlak mulai dengan berpendoman kepada ajaran -ajaran Al - Qur'an dan sunnah rasul, tidak bersendi kepada nilai -nilai ciptaan manusia.
C. Ibadah : Muhammadiyah bekerja untuk tegaknya ibdaha yang di tuntunkan oleh Rasullah SAW, tanpa tambahan dan perubahan dari manusia.
D. Muamalah duniawiyah : Muhammadiyah bekerja untuk terlaksanakan mu'amalat duniawiyah ( pengolahan dunia dan pembinan masyarakat ) dengan berdasarkan ajaran agama serta menjadi semua kegiatan dalam bidang ini sebagai ibadah kepada ALLAH SWT.

Saat ini Muhammadiyah memilki beberapa organisasi otonom Muhammadiyah yaitu :
  • Aisyiyah ( organisasi wanita )
  • Pemuda Muhammadiyah ( Organisasi Pemuda )
  • Nasyiatul Aisyiyah ( Organisasi Pemudi )
  • Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah ( organisasi mahasiswa )
  • Tapak Suci Putra Muhammadiyah ( Perguruan Silat )
  • Hizbul Watham ( organisasi kepanduan )
 Muhammadiyah telah banyak mendirikan taman kanak -kanak, sekolah, perguruan tinggi, rumah sakit balai pengobatan, rumah yatim piatu, usaha ekonom,, penerbitan dan amal usaha lainnya. Muhammadiyah juga membangun Masjid, mushalla melakukan langkah -langkah da'wah dalam berbagai bentuk kegiatan pembinaan umat yang meluas di seluruh pelosok Tanah Air. Muhammadiyah bahkan tak pernah berhenti melakukan peran - peran kebangsaaan dan peran - peran kemanusiaanya dalam dinamika nasional dan global.

A. Visi Muhammadiyah

Muhammadiyah sebagai gerakan Islam yang berlandaskan Al - Qur'an dan As - Sunah dengan watak tajdid yang dimilikinya senantiasa  istiqomah dan aktif dalam melakukan dakwah islam amar ma'ruf nahi munkar di semua bidang dalam upaya mewujudkan Islam yang sebenar - benarnya

B. Misi Muhammadiyah 

Muhammadiyah sebagai gerakan Islam, dakwah amar ma'ruf nahi munkar memilki misi :

  1. Menegakkan keyakinan tauhid yang murni sesuai dengan ajaran Allah SWT yang di bawa oleh para Rsul sejak Nabi Adam As. hingga Nabi Muhammad SAW.
  2. Memahami agama dengan menggunakan akal fikiran sesuai dengan jiwa ajaran Islam untuk menjawab dan menyelesaikan persoalan - persoalan
  3. Menyebar luaskan ajaran Islam yang bersumber pada Al- Qur'an sebagai kitab Allah terakhir dan Sunnah Rasul untuk pendoman hidup imat manusia.
  4. Mewujudkan amalan - amalan Islam dalam kehidupan pribadi, keluarga dan masyarakat.

C. Usaha Muhammadiyah

Muhammadiyah dalam mewujudkan visi dan misi geraknya menempuh langkah - langkah atau usaha sebagai berikut :

  1. Mempergiat dan memperdalam penyelidikan agama Islam untuk mendapatkan kemurniaanya dan kebenarannya. 
  2. Memperteguh iman, menggembirakan dan memperkuat ibadah serta mempertinggi akhlak.
  3. Memajukan dan inovasi dalam bidang pendidikan serta memperluas ilmu pengetahuan, teknologi dan penelitian.
  4. Mempergiat dan menggembirakan tabligh.
  5. Menggemberikan dan membimbing masyarakat untuk membangun dan memelihara tempat ibadah dan wakaf.
  6. Meningkatkan harkat dan martabat kaum perempuan menurut tuntunan Agama Islam.
  7. Membina dan menggeraakkan angkatan muda sehingga menjadi kader Muhammadiyah, kader agama dan kader Bangsa.
  8. Menggerakkan dan menghidup seburkan amal tolong menolong dalam kebijakan, kesehatan, sosial dan pengembangan masyarakat.
  9. Membimbing masyarakat ke arah perbaikan kehidupan dan penghidupan ekonomi sesuai dengan ajaran Islam
  10. Memberikan pelayanan informasi kepada masyarakat tentang kiprah Muhammadiyah.
  11. Mendokumentasikan kegiatan amal usaha Muhammadiyah serta mengembangkan pustaka di lingkungan sekolah/amal usaha dan keluarga Muhammadiyah.
  12. Merespob perkembangan sosial politik yang berkembang di tengah masyarakat.
ini Jejak Muhammadiyah Sebenarnya, semoga bermanfaat bagi kwan -kawan


0 komentar:

Posting Komentar